Rabu, 24 November 2010

HUBUNGAN MOTIVASI dengan TUJUAN KELOMPOK

Hubungan motovasi dengan tujuan kelompok cukup erat kaitannya yaitu dalam suatu kelompok pasti memiliki suatu tujuan yang akan dicapai, dalam mencapai tujuan tersebut harus memiliki motivasi yang kuat untuk mencapainya.
Dalam teori motivasi terdapat teori:
Teori penentuan tujuan
Teori penentuan tujuan adalah teori yang mengemukakan bahwa niat untuk mencapai tujuan merupakan sumber motivasi kerja yang utama. Artinya, tujuan memberitahu seorang karyawan apa yang harus dilakukan dan berapa banyak usaha yang harus dikeluarkan.
Teori penguatan
Teori penguatan adalah teori di mana perilaku merupakan sebuah fungsi dari konsekuensi-konsekuensinya jadi teori tersebut mengabaikan keadaan batin individu dan hanya terpusat pada apa yang terjadi pada seseorang ketika ia melakukan tindakan.
Teori harapan
Teori harapan adalah kekuatan dari suatu kecenderungan untuk bertindak dalam cara tertentu bergantung pada kekuatan dari suatu harapan bahwa tindakan tersebut akan diikuti dengan hasil yang ada dan pada daya tarik dari hasil itu terhadap individu tersebut.

kaitannya antara teori-teoti ini dalam hubungan motivasi dengan tujuan kelompok dalah pada teori motivasi terdapat teori penentu tujuan yaitu suatu motivasi akan menentukan suatu tujuan.
Pada teori penguatan yaitu motivasi memberi kekuatan atau penguat untuk mencapaia tujuan yang diinginkan.
Pada teori harapan yaitu suatu dorongan semangat atau kekuatan dalam bertindak untuk mencapai tujuan karena mempunyai harapan atau kemungkinan akan mencapai tujuan atau hasil yang diinginkan atau memuaskan.

SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Motivasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar